Manfaat Twitter dan Menghubungkannya dengan Facebook
July 28th, 2009
Leave a comment
Go to comments
Akhir-akhir ini orang banyak sekali yang latah untuk join situs-situs jejaring
sosial. Demam candu jejaring sosial sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003an di
Indonesia, diawali dengan situsFriendster sampai MySpace yang mempunyai
kelebihannya masing-masing dalam share satu sama lain. Namun menjelang tahun
2009 ini, ada dua situs jejaring sosial yang begitu booming diseluruh penjuru
dunia, yaitu Facebook dan Twitter, apa itu facebook dan twitter? dan apa saja
keunggulannya dibanding situs jejaring sosial lainnya?
twitter, tempat bermain tweet-tweetan
Facebook
“ga gaul ah klo ga punya facebook..” kata seorang ABG dengan gaya sombongnya
sebenarnya sih bukan masalah gaul atw tidaknya, tapi ini mengenai kebutuhan
seseorang dalam berinteraksi dan berhubungan dengan kerabat2nya, baik yang jauh
maupun dekat, dan disinilah letak keunggulan facebook, seperti slogannya yang
simple tapi sangat bermakna :
” Facebook helps you connect and share with the people in your life“.
Saat ini hampir seluruh keunggulan fitur-fitur jejaring sosial lainnya terdapat
Facebook. Keunggulan yang sangat berarti salahsatunya adalah fitur tagging yang
bisa dipakai dalam foto, video dan tulisan notes kita kepada teman-teman
difacebook, selain itu kita pun bisa saling berinteraksi chatting layaknya di
Yahoo Massenger ke seluruh teman dalam account facebook kita. Intinya kebutuhan
untuk saling berinteraksinya sangat dimanjakan disini.
Selain itu, facebook juga dapat dijadikan ajang promosi untuk perusahaan2, dari
yang tanpa biaya promosi hingga yang berbayar, dan tentunya targetnya adalah
para pengguna facebook tersebut.
Twitter
kalo yang satu ini sedikit berbeda mengenai layanan yang diberikan kepada para
penggunanya (terlebih bagi teman2 yang sudah candu duluan dengan facebook,
pasti merasa aneh dan kurang nyaman awalnya. Namun setelah menelaah lebih jauh
akan maksud dan tujuan dari jejaring ini, sebenarnya keunggulan dan
keistimewaan situs microblogging ini tidaklah hanya seperti yang dikatakan
dalam slogannya, yang berbunyi :
“Twitter is a service for friends, family, and co–workers to communicate and
stay connected through the exchange of quick, frequent answers to one simple
question: What are you doing?“
karena pada kenyataannya isi dari tweet-tweet (tulisan-tulisan) para twitter
itu bukanlah mengenai apa yang mereka lakukan, melainkan juga diskusi,
pembahasan mengenai sesuatu dengan mengkomentari tweet-tweet orang lain atau
teman yang di follow-nya. Louh…. trus kenapa twitter bisa sangat populer hanya
karena itu?
twitter bisa menjadi sangat poluler karena kesederhanaan dalam menjawab
tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel
antar pengguna, begitulah alasan pertama kenapa twitter bisa sangat populer di
amrik. Twitter disebut micro-blogging karena dalam menuliskan artikelnya kita
dibatasi sampai 14o karakter huruf saja, tidak bisa memasuki gambar dan video.
Salah satu contohnya yang paling nyata dan berkesan bisa kita liat saat pasca
kejadian bomm hotel Marriot, pembahasan ttg kejadian itu dengan kode
#indonesiaunite sangat booming di twitter, hal tersebut ternyata sengaja
dilakukan oleh teman2 kita sesama WNI untuk mempromosikan bahwa kami pun
mengutuk kejadian tersebut serta tetap bersatu dan tidak takut, semacam ajang
solidaritas.
Dalam twitter, ada dua hal yang penting selain menuliskan artikel dengan
batasan 14o karakternya itu, yaitu following dan follower, Following adalah
member lain yang Anda ikuti atau tambahkan ke dalam daftar teman Anda.
Sedangkan Follower adalah daftar member lain yang mengikuti atau menambahkan
Anda ke dalam daftar temannya. nah disinilah sebenarnya letak keunikan dan
manfaat lainnya dari twitter. apabila kita telaah mengenai kegunaan dua hal
tersebut maka kita bisa memulainya dengan dua pertanyaan, kenapa seseorang
mengikuti/following seseorang lainnya, dan kenapa kita di ikuti/follower oleh
orang lain?
ada beberapa alasan kenapa kita meng-following yang dapat menjelaskannya ;
1. karena kita adalah teman mereka ( hampir 100% orang-orang yang kita
cari adalah mereka, teman-teman kita),
2. karena mereka menarik bagi kita, dan tweet2nya bermanfaat (walau
kita tidak mengenalnya sekalipun) .
3. karena mereka adalah orang yang kita idolakan atau kita adalah fans
mereka (menarik bukan mengikuti/ mengetahui apa yang sedang mereka lakukan).
dan mengenai alasan kenapa seseorang dapat men-follow kita adalah karena…
balikan saja alasan diatas kembali :)
jadi, twitter juga bisa bermakna untuk mensosialisasikan atau memberi influence
terhadap apa yang kita share, dan tentunya hal tersebut haruslah mengenai hal
yang baik dan berguna bagi follower2 kita, semakin menarik apa yang kita
ungkapkan dalam tweet kita, maka semakin menarik perhatian seseorang pula
menjadi follower kita. seperti dalam blog pak Ali Akbar
“Twitter adalah TENTANG FOLLOWER mu, bukan CUMA DIRIMU – Jangan cuma orang
harus tahu anda ngapain, tapi juga berikan sesuatu yang BERHARGA untuk orang
lain“.
oleh karena itu kenapa banyak perusahaan2 yang memakai jasa twitter juga
selain untukmengetahui apa yang pelanggan pikirkan mengenai produk mereka
sehingga dapat dijadikan masukan dan pembaharuan yang bisa segera diadaptasikan
dalam penjualan produk mereka, twitter juga berguna untuk berpromosi terhadap
produk-produk barunya.
Menghubungkan Twitter dengan Facebook
banyak sekali saat ini fitur yang memberikan jasa layanan untuk menghubungkan
twiiter seseorang dengan account facebooknya, biasanya fungsi yang ditawarkan
adalah untuk dapat mengupdate status dalam facebook dari twitter kita, untuk
fitur tersebut anda dapat mendapatkannya dalam aplikasi bernama twitter dalam
facebook sendiri. apabila aplikasi tersebut anda aktifkan dalam account
facebook saudara maka setiap tweet2 yang anda tulis dalam twitter anda maka
status facebook saudara pun akan terubah sesuai tweet anda (dengan penjelasan
-via twitter- dalam footernya).
namun aplikasi tersebut terdapat kekurangannya, yaitu, apabila kita re-tweet
(RT= istilah dalam twitter apabila kita mengkomentari tweet seseorang), maka
status kita akan ikut terubah sesuai dgn tweet kita pada RT tersebut, kadang
hal tersebut dapat memalukan menurutku.
untuk mengantisipasi hal tersebut ada 3 aplikasi lainnya yang saya
rekomendasikan untuk anda pakai, pertama adalah aplikasi desktop engine
TweetDeck ( semacam yahoo massanger engine, bedanya ini desktop engine untuk
dapat bermain tweet skaligus melihat update status teman2 kita di facebook).
disini kita bisa mensetting posting kita apakah ingin di post kedalam twitter
atau facebook, ataupun kedua2nya. disini kita bisa Re-Tweet teman kita di
twitter tanpa harus kawatir status facebook kita ikut terubah, caranya adalah
dengan tidak lupa menyetting postingannya hanya tetap untuk di twitter saja,
caranya cukup sederhana dan praktis. namun kekurangannya adalah, apabila kita
ingin mereply status facebook teman kita, reply status tersebut bukannya masuk
kedalam kolom koment status teman kita tersebut, tapi malah masuk dalam status
kita sendiri.
untuk mengantisipasi hal tersebut anda dapat menggunakan aplikasi desktop
engine Seesmic, cara dan tampilan hampir sama dengan tweetdeck, perbedaannya
hanyalah pada kelebihan untuk dapat mengomentari status facebook teman kita,
dan bukan hanya status, tapi seluruh info share yang baru di update oleh teman2
facebook kita, baik foto, video, ataupun lainnya.
untuk aplikasi yang ketiga adalah berupa program internet browser, yaitu flock,
semacam mozilla firefox, namun kelebihannya adalah pada fitur kemudahaannya
dalam menampilkan situs2 jejaring sosial dalam sebuah sidebar yang unik (lihat
sebelah kiri gambar dibawah). disini kita bisa online pada facebook, twitter
skaligus pada email yahoo kita, pada account youtube dan lainnya, dan menetahui
aktivitas didalamnya tanpa membuka terus page halamannya. fitur yang asik lagi
adalah kita dapat share video atau foto dari fitu media stream flock dengan
hanya dengan men-drag foto atau video tersebut. belum lagi fitur menulis
artikel pada blog pribadi tanpa harus loggin pada blog tersebut, benar2
memanjakan bagi orang yang aktif dalam dunia per-maya-an. bagi mereka yang
candu dengan situs jejaring sosial, doyan nulis blog dan suka upload/download
lagu dan video, flock adalah solusinya.
Blogged with the Flock Browser
Sumber:
http://dithistoire.info/oemoem/manfaat-twitter-dan-menghubungkannya-dengan-facebook/
Jangan lupa Follow me on Twitter: Bukik
Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih
cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis.
Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/
[Non-text portions of this message have been removed]