On Fri, Dec 05, 2003 at 01:44:32PM +0700, Anwar Purnomo wrote:

> Mo tanya' nieh .. kenapa user client di tempat aku, sering over quota.
> Padahal setelah saya check size file tidak sama dengan quota yg di
> detect (File size kalo di itung2 itu kurang dari blok quota yg di
> gunakan). User sudah coba saya hapus home directory, maupun mail
> inboxnya dia, kemudian saya create baru lagi, tapi setelah saya coba
> check block quota disknya koq masih tetep yah. Atas sarannya thank's ..

Coba database quotanya direfresh dengan menggunakan quotacheck(8),
jika setelah diprint quotanya sudah update, anda mungkin memerlukan
perintah tersebut dijalankan secara berkala.

> Partisi
> 1.  \boot
> 2.   \  ---> saya enable quota di didirectory ini.
> 3.  \swap

Saran saya, jika anda bisa memisahkan partisi /home, maka akan lebih
baik jika partisi /home yang diberi quota untuk memudahkan melacak
masalah.

Anyway, jika setelah direload quota nya tidak juga mempan, mungkin
user ybs mempunyai file di luar home direktorinya. Coba cari file
tersebut menggunakan find(1)

% id konohamaru
uid=500(konohamaru) gid=500(konohamaru) groups=500(konohamaru)
% find / -uid 500 -print

 Asfihani