On Wed, 17 Dec 2003, Frans Thamura, Intercitra wrote:

> Saya pakai Mandrake 9.2, dan Mozilla
>
> sepertinya kok dengan hardware yang sama di NT 200 Pro dan Mozilla lebih
> cepetan Windows
> gimana nih, kok Linux malah jadi lambat

lambat adalah relatif,
musti apple to apple comparisonnya, pak

banyak yg musti di check
- swap space cukup?
- space hd di home dir user yg dipakai, masih cukup banyak?
- matikan service2 yg tidak perlu utk desktop
- windowmanager nya? kde? gnome? relatif makan memory lebh banyak
  pilih themes yg ringan

banyak buka terminal (gnome-terminal, xterm dlsb) juga bikin aus,
saya pilih rxvt

pakai pIII850 256ram 20G hd, sudah jungkir balik senang sekali,
no problem di speed, kecuali kalau lagi buka spreadsheet banyak

...itu menurut pengalaman saya lho... :)

trims

-a-