On Thu, 15 Jan 2004, linuxmania wrote:

> Mungkin ada diantara rekan2 yang mempunyai koneksi yang sama atau serupa. Jika
> saya gunakan untuk Voip untuk komunikasi dengan teman di Luar negeri apakah
> dengan koneksi yang demikian sudah mencukupi?? Mohon saran.

sambungan saya dari rumah saat ini sekitar 128Kbps
lagi mau naikin satu link wireless lagi ke VisionNet nambah 32Kbps

untuk satu kanal pembicaraan
VoIP dengan G.723.1 akan mengambil sekitar 12-13Kbps full duplex

yang agak bikin pusing kalau anda ingin menyambungkan
endpoint di belakang proxy, harus pasang gatekeeper di proxy server-nya
tekniknya di jelaskan di http://www.apjii.or.id/onno/the-guide/voip/