Rekan2 LinuXers,

Ada yg ingin saya tanyakan seputar masalah NAT dng IP Masq. Dari yg saya
baca di http://www.tldp.org/HOWTO/IP-Masquerade-HOWTO/aliasing.html,
pertanyaannya sbb:

1. Bisakah rekan2 menjelaskan, bgm bisa sharing koneksi internet dng
menggunakan 1 NIC dng Linux yg sekaligus merupakan
   NAT gateway ? Lalu bgm mana dng source(incoming)-nya ?
2. Jika saya letakkan mail server saya pd segmen LAN (lihat skema) agar bisa
diakses dr luar, adakah fasilitas inbound
   mapping pd Linux spt pd Cisco Router ?

Demikian yg ingin saya tanyakan. Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya
atas atensi rekan2.

Salam,
E21C

   Skema :

   --Antenna(RJ45)--(eth0)Linux(eth1)--switch(LAN)
                                        |  |  |
                                        |  |  |
                                      clients(>50)