>Coba, jelaskan apa yang anda sebut sebagai "local" diemail anda
>terdahulu? local network? local domain? local...

email local adalah semua email account di email server yg aku pake. tujuan
aku pake smtp auth adalah untuk menghindari user yg tidak termasuk dalam
account di email server tidak bisa kirim email. karena waktu aku pake
outlook ekspress dengan account sembarangan (bukan email account di server)
bisa kirim email baik ke email yg ada di server atau pun yg ada di internet.

mungkin ada cara lain?

guna