Allow tanya-jawab,

  Saya mungkin dalam waktu dekat (tetapi tidak yakin jg) mau migrasi
  dari memakai XP ke Linux. Meskipun tdk lama memegang Linux tetapi
  bolehlah dianggap saya cukup mengerti Sh/Bash command dan sedikit
  programming gcc.

  Saya memakai komp mainly butuh:
  Musik Winamp (ada XMMS kan)
  Video Player (Xine/MPlayer)
  Compiler (ada gcc)
  MSN (cukupkah digantikan GAIM? apakah GAIM mendukung voice/video
  confrence?)
  IRC (ada KIRC ya)
  Programming (saat ini saya melihat Kate cukup bagus)
  Document Editting (OpenOffice la, skr aja di XP pk itu)

  Tetapi masih ada beberapa ganjalan dalam migrasi:
  Modem saya biasanya tidak dikenali (winmodem 56k, chipset Conexant)
  Soundcard biasanya tidak otomatis dikenali (Creattive AWE 32, masih
  ISA)
  Saya butuh conduit untuk Palm PDA (Tungsten T)
  Saya butuh driver untuk Bluetooth (Billionton 10m)

  Apakah ada saran bagaimana cara menutupi ganjalan tersebut?

  Saya juga masih agak bingung memilih distribusi meski saat ini hati
  lumayan mengarah ke SuSE 9.0. Yang saya mao tanya itu, benarkah
  illegal untuk copy SuSE 9.0 dari teman? Apakah benar SuSE itu distro
  terbaik untuk desktop? Cukupkah memenuhi kebutuhan saya?

  Oh ya saya lihat kernel Linux yg skr itu lbh baru dari yg disediakan
  SuSE 9.0. Apakah mudah untuk 'install' kernel baru itu ke dalam
  SuSE?

  Oh ya saya membaca di majalah InfoLinux kalau Evolution itu program
  yang bagus untuk PIM. Bisakah Evolution dihubungkan untuk 'sync'
  dengan Palm PDA?

  Tambahan lagi (duh maaf banyak sekali ya nanyanya) bisakah
  diterangkan sedikit mengenai susunan directory di UNIX/Linux. Setahu
  saya itu cmn:
  /mnt -> tempat mount devices
  /home -> tempat data pribadi
  kalo /bin, /sbin, /usr, /var, /dev itu untuk apa aja sih?

  Maaf kalau kedengarannya newbie banget... Terima kasih atas
  bantuannya?

Role Playing Cyber Novel Forum http://forum.orenjonion.net
---