> Soal Email server,
>
> Sekarang di kantor punya mesin cobalt yang ditaruh di di ISP.
> Saya pingin buat satu mesin sendiri linux + qmail kebetulan saya masih
punya
> 1 ip public. Seandainya emailserver di intranet sudah saya coba dan
> berhasil.
> Langkahnya apa saja agar aktivitas email tidak terganggu (saya tidak ada
> banyangan mindahinnya dan apa ada yang harus diurus ? ada tidak dengan
> hubungan dengan DNS, kalau saya sudah mengenset DNS server di kantor apa
> seketika itu langsung jalan email servernya.

install mailserver, set dns... seketika itu akan  jalan servernya :)

> Lalu ini 2 mesin, gimana juga mindahin usernya, apa saya harus mencatat
user
> name dan passwordnya masing-masing, kemudian saya bikin user di
emailserver
> (linux+qmail) satu persatu, apa emailnya tidak tertinggal di mesin cobalt.

ya, cobalt yang saya tau menggunakan sendmail, jika anda ingin menggunakan
qmail, berarti anda harus create usernya :)

silahkan  baca ke qmail.cbn.net.id/top.html

> Tolong donk langkah agar sukses,

langkah sukses adalah membaca file: README atau INSTALL atau yang lainnya
yang disertakan setiap aplikasi linux yang anda download.

goodluck :)

-dn-