> From: jamal [mailto:[EMAIL PROTECTED]
> ternyata skrg sudah bisa merubah password di client
> dg mengganti konfigurasi smb.conf dg mensetting
> unix password sync = no
yup, kemungkinan jika '=yes', 'passwd program' tidak mengacu dimana command
'passwd' berada.

> trus ada pertanyaan lagi nich,
> unix password sync, passwd program, passwd chat
> fungsinya buat apa yach di konfigurasi samba?
> maklum saya newbie.
'unix password sync' berfungsi men-synchronize antara password samba dengan
password unix/linux. Jika password samba diubah, maka password unix/linux
nya juga ikut berubah [sama dgn password samba]. 'passwd program' berfungsi
merubah password unix/linux, param ini tentu sangat berhubungan dengan 'unix
password sync' tsb. Jika 'unix password sync' = yes, maka 'passwd program'
ini harus diaktifkan [uncomment] dan mengacu pada/dimana execute 'passwd'
unix/linux [biasanya /bin/passwd]. 'passwd chat' berfungsi menangani
perubahan password dari client, terutama client win or samba itu sendiri.

Client win/samba [ingin merubah password] --> passwd chat --> unix password
sync --><-- passwd program --> unix/linux password [/etc/passwd[shadow,ldap,
etc]].

Note: Jika password linux tidak ingin berubah, maka 'unix password sync' dan
'passwd program' bisa diabaikan. Just remember that we have two password, in
samba and linux.

> thank buat rekan2 yg sudah memberi pencerahan buat saya.
>
> --jmz--

yaya