Saya seorang newbie (asli, newbie tulen) sedang mencoba mengupdate beberapa paket library untuk Redhat linux 9 (Fresh Install). beberapa paket tersebut adalah glib-2.4.1, gtk+-2.4.1 dan pkgconfig-0.15.0.

Saya sudah download filenya (format tar.bz2, tidak bisa dapat yang rpm) dari internet dan saya sudah coba install sesuai instruksi (./configure, make, make install) tapi saat saya cek lewat rpm (rpm -qa|grep xxx) justru paket yang lama masih terinstall. Saya berasumsi karena yang saya install bukan paket rpm maka tidak akan terdaftar di rpm. Saya coba remove paket rpmnya dan instal ulang paket tar.bz2 yang baru. Setelah install selesai, saya coba menjalankan program yang memerlukan library glib (contoh tux racer) tapi paket tersebut tidak mau jalan.

Source filenya saya taruh di folder $HOME/source dan langkah instalasi yang saya jalankan adalah sbb (untuk glib):
- cd ke folder $HOME/source
- extract paketnya dengan perintah tar -xvjf glib-2.4.1.tar.bz2
Folder glib-2.4.1 otomatis akan terbuat
- Saya cd ke folder tersebut dan jalankan [erintah berikut:
- ./configure
- make
- make install

Pertanyaan saya, apakah langkah instalasi saya diatas salah dan bagaimana saya bisa tahu paket2 library (non-rpm) yang saya pasang telah benar2 terinstall dicomputer saya (seperti file list?) ?

Thanks. Sorry kalau pertanyaannya bodoh / sulit dimengerti.

Hendra