heheh, sebenarnya di Office , kalo gak salah mulai versi 2000,
excel udah bisa networking share.
di Tools - Share Workbook tinggal dicentang aja, nanti file tersebut
bisa
diakses bersamaan, tapi saya belum pernah nyoba sih =D

mungkin bisa dilihat lagi setingan excel yg digunakan.

uups, ini kan linux not winz, sorry

lordsanjay