1> Trimakasih kang, emang ada masalah di DNS resolving, ternyata IP DNS
ISP pun saya masukkan di 'PREFERRED DNS' komp.client. sehingga harus
me-relay ke ip tersebut dulu. IP DNS ISP saya gunakan di client untuk
mengecek email keluar menggunakan outlook.
2> apakah ada perbedaan kecepatan ethernet card onboard dengan eksternal ?
   walaupun sama2 10/100Mbs, kalo tidak ada mungkin saya tetap memakai
card onboard ini.

3> errornya nanti saya kirim balik (ngk sempat dicatat), soalnya
ethernetnya udah dicabut lagi :)