> Dear Pengguna Linux,
>
> Bantu saya donk,
> Saya punya pc saya jadikan gateway/router dgn menggunakan smootwall 2.0
> 192.168.5.1
> Saya pc lain yang saya jadikan squid (proxy server). 192.168.5.5:8080
>
> Saat ini client bisa browsing dengan baik.
>
> Semua prosedur squid.conf untuk dijadikan transparant proxy sudah saya
> ikuti. Beberapa tutorial juga saya ikuti/test. Tapi saya selalu gagal
> membuat transparant proxy. Mohon petunjuk (apa lagi yang kurang,
> terutama setting iptablesnya
>

> Terima kasih.
> [...]

Loh bukannya di dalam smoothwall itu udah ada squidnya ??
khan tinggal jalankan transparantnya aja.
Lagian kalo anda rubah rubah seting iptablesnya tanpa melalui web panelnya
jadi tambah kacau loh ...
anda tinggal ke menu services masuk ke web proxy terus dibagian
transparantnya di centang dan enabled di centang terus di save ...
selesai

jadi pc yg 192.168.5.5 gak ke pake ....
tapi kalo mo tetep di pake yah ... maaf loh saya kok belum coba ...

Salam

Roed