From: Rio Martin. [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 10 Agustus 2004 12:25
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [tanya-jawab] Kesulitan memantau trafik

On 10 August 2004 am 10:02, Dave Matt wrote:
> Rekan2 yg terhormat,
> Mohon bantuannya dimana saya bisa mendapatkan informasi tentang s/w yg
bisa
> memantau aktifitas server (real time) seperti : snmpd,memory,harddisk,etc
> saya memiliki MRTG namun kurang 'banyak' memantau beberapa server (3
> server) saya ingin mencoba 'cacti' namun setelah saya install dan
berhasil,
> snmp nya tidak terpantau, yg lain bisa.

Sudah memiliki MRTG harusnya sudah bersyukur, karena MRTG simple.
Kalau kurang banyak memantau server ini saya belum jelas maksudnya seperti
apa. Tapi sepertinya saya menduga bahwa ini MRTG dipasang di satu server,
sedangkan dia harus melakukan monitor terhadap banyak server.

Kalau monitor memory, harddisk kemungkinan memakai script local sehingga
apabila remote server jadi tidak bisa ? Apakah seperti ini ?

Jawab: Bisa ..

masukkan hasil script tersebut ke OID SNMPD, lalu ambil value nya dari mesin

MRTG untuk tiap - tiap mesin yang dimonitor.

> mohon pencerahannya, karna di arsip milis
>  http://www.mail-archive.com/[EMAIL PROTECTED]/msg11229.html )
> saya tertarik menggunakan cacti: namun kekurangan dokumentasi terutama
jika
> ada script tambahan
> #apa saja yang perlu disetting untuk memonitor trafik ?
> #apakah ada script tambahan ??
> #konfigutasi snmp.conf gimana ??
> terimakasih sebelumnya..

cacti based on RRDTOOL dan bukan MRTG, jadi berbeda. Nanti malah tambah
bingung, lebih baik fokus dulu ke MRTG.

- Rio.Martin -