On Kam, 2004-08-19 at 17:01, Mohammad Ikhsan wrote:

> Thx, bagaimana kalau seandainya LAN A saja yg saya berikan ip public?

ip public dari mana? kalo dari ISP vsat sih langsung jalan
(selama isp fo nggak ngeblokir source route)

> setting routing supaya LAN A dikenal sebagai source dari ISP vsat
> gimana?

arahkan saja di linux box route default ke isp fo
(tapi bukan nat, supaya ip publik lan A tetap IP si ISP vsat)

> salah satu temen saya bilang di ISP fo, IP dari ISP vsat harus di
> advertise disana? prosesnya gimana ya?

itu kalau anda punya subnet IP address yang ingin downlinknya lewat vsat
harus diadvertise oleh si isp vsat

--
Gede gunung pananggeuhan: Adigung kulanatran boga kolot atawa baraya
baleunghar ataw jareneng.