Quoting Rachmad Irfialdi <[EMAIL PROTECTED]>:

> saya baru saja mencoba lagi linux, sebelumnya nyoba-nyoba pake red hat 9
> kurang lebih 1.5 tahun yang lalu
>
> dengan mandrake 10.0 kelihatannya jauh lebih gampang untuk settingan
> hardware, network dlsb, cuman ada beberapa pertanyaan
>
> 1. dengan versi gratisan ini apakah saya bisa menggunakannya sebagai
> file-server yang melayani sekaligus lebih dari 10 klien bersamaan

kenapa tidak? tinggal anda install sesuai kebutuhan.

> 2. saya menggunakan mobo Gigabyte K8N - AMD64, yang menjadi masalah kenapa
> ethernet onboard-nya nggak bisa di setting (mandra mengenalinya sbg
> 8139too), akhirnya saya pasangin NIC realtek 8139 nggak masalah

hmm, bukannya sebelum install linux anda harus tahu persis h/w yang terinstall.
jadi kalau salah deteksi dari distro, anda tinggal setting manual :-)
atau setidaknya bisa memastikan, apakah h/w tsb sudah disupport di linux atau
belum.

> 3. saya sudah update ternyata bug's fixes mencapai 127Mbyte, apa linux
> memang biasa seperti ini.

biasa aja, total update utk mandrake utk saat ini sudah lebih dari 1 GB (ini
belum saya hitung dengan SRPMS-nya loh).

> 4. dengan KDE selalu hang padahal baru jalan 85%, dengan GNOME nggak masalah
> berjalan normal

nggak tahu, saya belum pernah install mdk 10.0

> 5. saya adalah pengguna openoffice , kenapa di linux sangat lambat responnya
> terutama scroll dan block dibandingkan dengan versi yang di windows

idem dgn no.4

> 6. terakhir apa itu mandrake 10.0 sudah support AMD-64 secara native, atau
> saya perlu install sesuatu

kan ada versi mandrake 10.0 utk AMD-64. lihat lagi ke websitenya.

Cecep Mahbub