Untuk kasus bapak ini, kalau mau pake pc router sebaiknya di
pertimbangkan juga masalah hardware yang akan digunakan, karena kernel
untuk pc router yang ada,  dibuat seminimal mungkin dan bisa saja
tidak support dengan hardware yang akan bapak gunakan, dan
kelemahannya kita tidak bisa install software di linux router
segampang di Distro yang bukan untuk linux router, tapi kalau hanya
sekedar untuk gateway, firewall, atau router, memang sangat bagus
sekali. Saya pernah make FreeSCO dengan pc Intel 486, tidak ada
hardisk (langsung boot dari disket) semuanya berjalan lancar,
difungsikan sbg gateway / firewall.

Semoga Membantu

Salam
Rinto Exandi