On Fri, 17 Sep 2004 11:37:34 +0700
Andika Triwidada <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> 1. Terutama di kernel. Kernel RHAS telah di-patch dan diuji sehingga
> Oracle (dan mungkin database komersial lain) berjalan lebih mulus
> di atasnya.

rekomendasi dari Oracle sendiri adlh RHAS, United Linux & SLES. ini diartikan kalo
anda ingin menggunakan Clustering, kalo anda ngga ada rencana pake Clusternya ya
mending pake RH-7.3 (gretong & jauh lbh mulus instalasinya dibanding yg 3 diatas, scr
performance sama).

scr default filesystem utk distro2 yg disebut diatas adlh ext3 atau journaling
filesystem lainnya, sdgkan yg pernah saya baca Oracle sendiri menyebut `utk kecepatan
akses db selain menggunakan async-IO baiknya menggunakan filesystem ext2' (CMIIW).
Ada juga yg menyebut, jika anda ingin tetep pake journaling filesystem di DB ada
baeknya kalo anda pake reiserfs, padahal by default RHAS & RedHat-7.3/7.2/7.1 tdk
menggunakan ReiserFS, walaupun bisa saya ada pengalaman tersendiri menggunakan
ReiserFS di RH-7.3 utk Oracle, sebaiknya jangan... ;-)
tp saya juga pernah coba di Slackware (ReiserFS, default filesystemnya) & FreeBSD 5.1
(UFS2) ngga masalah kok (malah bagus)... :D

oh ya buat bacaan, http://www.puschitz.com

salam,
--
~Lst