> untuk IP-IP tertentu yang bisa konnek ke YM itu bisa, tinggal kita buat
> client address yang bisa konek,untuk lebih jeasnya silahkan googling
> wokeh...

kalo dulu saya pakenya squidguard aja ... terus masukkin blok url yahoo
... yah ... akibatnya gak bisa googling yahoo , ama ikutan mail ... he he
he ..

terus akhirnya pake iptables blok semua port terus port mana aja yang
dibolehkan (tidak termasuk 5050) terus port 80 dibelokkan ke squid.
yah lumayan ... kalo org mau chatting pake YM lewat Proxy bisa aja tapi
gak bisa masuk confrence dan lelet banget .. <== yang ini saya gak tahu
kenapa bisa begitu ...

tapi akhirnya dilepas lagi , karena kebutuhan , ternyata banyak manfaatnya
tuh ... skrg kalo mo hubung ke kantor pusat atau kantor cabang lainnya
cukup lewat YM aja gak usah macam macem .. lagian gak banyak kok
penggunaan bandwidthnya ... oh ya membuka port 5050 aja .. chatingan tetep
bisa .. tapi maen game tidak bisa karena dia ada di port di atas 11000

Salam

Rudy