On Sat, Oct 02, 2004 at 11:09:39AM +0800, watchers renjana wrote:

> [...]

Ini trik yg saya peroleh dari "Securing & Optimizing RedHat Linux",
saat sebelum '# make install" lakukan dulu perintah ini as root:

  # find / -xdev -amin -N -print > before.install

dimana N adalah besaran waktu dengan satuan menit
selengkapnya 'man find', masukkan angka 1 sudah cukup.

Nanti setelah install jalankan lagi script yg hampir mirip

  # find / -xdev -amin -N -print > after.install

Yang penting adalah anda harus tahu selisih waktu saat mulai
'make install' dan saat menjalankan script ini, kalau waktunya
2 menit, ya masukkan angka 2 di atas.

Setelah itu bandignkan dg diff

  # diff before.install after.install > install-aplikasi.log

Selamat mencoba

Salam

-- Yudi