3. gimana kalau partisi nomer 6 di jadikan root di linux ....
apakah masih bisa jalan ?
Bisa saja.
Mendingan buatkan partisi /boot dalam batasan 1024 silinder itu.
Partisi ini tidak harus besar, 64 s/d 128MB rasanya sudah lebih dari cukup untuk menampung file "vmlinuz" dan kawan2nya.
Jadi, nantinya akan ada 3 partisi: /boot, / (kalo memang akan ditaruh di partisi 6) , dan swap.

kayaknya memang harus seperti ini ya .... cuman saya belum jelas 100%.... jadi menyambung pertanyaaan nomer 3 kesimpulan saya dibawah ini benar atau salah ?

=======

primary partition 1 : fat32 15gb
primary partition 2 : /boot 128mb
primary partition 3 : linux swap 1gb
primary partition 4 : extende partition
extended partition 1 : /root - slakware 8GB
extended partition 2 : /root - linux lain (apa saja selain slakware untuk coba coba) 3GB
extended partition 3 : /fat32 15 GB
extended ......
extended .....

Jadi dengan partisi diatas .... saya hendak mempunyai 3 buah OS yg berbeda yaitu : window - slackware - another linux.

=======

4. kalau nomer 3 jawabbanya "ngak bisa" .... lalu gimana caranya supaya
saya mau install secondary linux di partisi extended ?
bagaimana maksudnya "secondary linux di partisi extended" ini ?

Maaf, setahu saya batasan-batasan yang dikemukakan sudah tidak lagi relevan. Kecuali tentang jumlah primary partition, maksimal 4 (dan extended partition tidak ikut dihitung).

Sepertinya sudah tidak ada lagi batasan di mana partisi /boot harus berada (yang dulu tidak bisa lewat dari silinder 1024), berapa besar partisi untuk swap (yang dulu maks. 128MB), dll.

Pengaturan partisi untuk instalasi Linux sekarang cukup mempertimbangkan spasi yang tersisa dan dibutuhkan. Kalaupun mau menginstall lebih dari satu Linux (maaf kalimatnya kurang enak), tinggal diatur di boot-loader yang digunakan.

berarti knowledge saya sangat kuno ya :))

berarti ... membuat /boot di partisi awal percuma ya ?? .... jadi sebaiknya partisi untuk /boot sebaiknya dibuat apa ngak ya ... (masih bingung)

thnx atas jawabannya