Hello Dicky Wahyu Purnomo,

Wednesday, November 24, 2004, 10:32:08 PM, you wrote:
DWP> coba :
DWP> ln -s /usr/X11R6/lib/libXpm.so.4 /usr/X11R6/lib/libXpm.so
DWP> atau
DWP> ln -s /usr/X11R6/lib/libXpm.so.4 /usr/lib/libXpm.so

Koreksi sebelumnya libXpm.so.4 mrpk link dari libXpm.so.4.11
Dan seperti saran anda :
   [EMAIL PROTECTED] php-4.3.4]# ln -s /usr/X11R6/lib/libXpm.so.4.11
/usr/lib/libXpm.so
   [EMAIL PROTECTED] php-4.3.4]# ln -s /usr/X11R6/lib/libXpm.so.4.11
/usr/X11R6/lib/libXpm.so

Bisa running melewati proses error sebelumnya tapi kemudian muncul
problem :
----dipotong-----
   checking for jpeg_read_header in -ljpeg... yes
   checking for png_write_image in -lpng... yes
   configure: error: xpm.h not found.

Saya ubek-ubek ternyata emang nggak ada file tsb dan file tsb
seharusnya ada di dir mana ?
   [EMAIL PROTECTED] php-4.3.4]#find / -name xpm.h -print
   [EMAIL PROTECTED] php-4.3.4]#

Ada saran ?
kayaknya sich memang gara2 lib nggak lengkap ya ?

RSA> cuma mo nambah modul gd kan?
RSA> paket php-devel sudah diinstall?
RSA> biasanya untuk menambah modul php ga
RSA> perlu pake configure manual seperti itu.
RSA> cukup jalanin phpize

RSA> :: r e n o ::
Sebelum instal udah aku jalanin phpize
RSA> && make && make install
RSA> cmiiw.
Support yang lain nggak ikut dong

IGWS> bagaimana dengan paket-2 *-devel, semisal gd-devel, libjpeg-devel
IGWS> (catatan: saya ndak hapal nama paketnya di RH). Atau, coba d/l

Library dan develnya semua sudah diinstall (jpeg, png,freetype dll).
Cumaannnn .... (ini kayaknya letak problemnya) libxpm dan devel tidak
ikut keinstall soalnya di source cd aku ubek-ubek nggak ada tuh.
Setelah cari-cari sumber referensi ternyata emang dibutuhkan libxpm-4.3.4
beserta develnya. Apa distro RH9 emang udah kadaluwarsa ya kok nggak
ada libxpm (kalo ini sumber masalahnya)?
libXpm.so.4 di XFree86 dan libxpm sama nggak ?

IGWS> php.src.rpm-nya, dan redhat bilang apa ketika anda coba build php dari
IGWS> src.rpm itu (biasanya ada pemberitahuan paket-2 apa saja yang
IGWS> dibutuhkan)

Sorii... Saya bingung dengan maksud anda yang "dan redhat bilang apa ketika
anda coba build php".
makksudnya ketika install dari source rpm ?
Saya build php bukan dari source rpm CD. tapi dari format tar
apache-2.0.48.tar.gz dan php-4.3.4.bz2

    BTW, makasih guys tanggapannya, dan sebenarnya kalo -xpm- tidak
    diikutkan, instalasi bisa berjalan dengan normal dan udah keluar
    GD-nya di phpinfo.php
    Tetapi siapa tahu ada yang bisa ikutan membantu, karena kalo bisa
    si -xpm- yang bandel ini tetep diajak :-)
    Dan satu lagi libxpm-4.3.4 yang dimaksud apa nggak bisa diakalin
    dari library XFree86-libs (libXpm.so)? Dan hubungannya dengan file xpm.h
apa?
    Mohon Pencerahannya

NB : Maaf kalo email saya sering lelet masuknya :-)
--
Best regards,

Lone Ranger