bisanya setelan irq-nya berubah coba di reset ulang setelan bios dan dibersihkan, saya pernah mengalami hal serupa untuk controller scsi adaptec.
Nuhun
ddr

Dave Matt wrote:

Hallo....
baru-baru ini saya mengalami problem di hdd SCSI untuk membackup data saya
(/dev/sdb) karna tanpa sebab....tidak bisa
di mount /dev/sdb /backup ......untuk master data (/dev/sda) tidak ada
masalah.

#fdisk -l /dev/sda

Disk /dev/sda: 36.7 GB, 36703934464 bytes
255 heads, 63 sectors/track, 4462 cylinders
Units = cylinders of 16065 * 512 = 8225280 bytes

mengapa SCSI (/dev/sdb) tidak dikenali lagi ?
# mount /dev/sdb /backup
mount: /dev/sdb is not a valid block device

bagaimana caranya mengembalikan /dev/sdb kembali ?
(dengan 'kudzu' sudah saya coba = gagal)
hdd SCSI /dev/sdb tersebyt tidak perna dicopot/berubah....mengapa tidak
dikenali oleh sistem ??
padahal sebelumnya tidak ada masalah ** kalo aman2 aja ngk mungkin ke milis
:))

terimakasih.
davematt