On Mon, Dec 27, 2004 at 01:51:11PM +0700, samurai wrote:
> tapi pin serial modem dengan cisco kan beda...???

Yang pasti kan bisa dicari petunjuknya, bagaimana memposisikan/menyolder
pin-pinnya konektor db-9 atau db-25. Saya sebenarnya tidak banyak tahu
mengenai rangkaian pin-pin ini, tapi teman saya yg bagian hardware tahu
bagaimana menyolder pin-pin untuk buat kabel null modem agar bisa
menampilkan console linux di layar hyper terminal win.

Petunjuknya ada di serial console howto, IMHO mungkin tekniknya
bisa dipakai untuk membuka hubungan dg console cisco. Yang penting
prinsip-prinsip transfer data, maaf saya bukan orang elektro,
belum tahu kata yg pas untuk menjelaskan ini.

Salam

~yudi