> Hai semua,
> Maap new bie banget, Aku baru2 mulai belajar linux tahap2 awal... Tiba2
> ama bosku disuruh bikin firewall... Waaahhh pusiiing deh...
> Tolong dooong kasih tahu tahap2 bikin firewall mulai dari mana!
>
> Gambarannya sbb
>
> internet----router---server kantor(intranet)----switch-----klien kantor
>                                             firewall-- klien luar
>
> Maunya klien luar bisa akses ke intenet doang, tapi tak bisa akses ke
> intranet kantor. Server kantor pakain Win 2K server, firewall pakai
> Mandrake Linux. Dua2nya akan diinstall dhcp server.

> [...]
Hi arief ...

kamu bisa gunakan produknya mandrake MNF(Multi Network Firewall) dulu sih
bisa di download di situsnya mandrake tp skrg gak bisa ... tapi kalo gak
salah ada kok ditempat lain coba aja search.
gambarannya sbb :

Internet ------- MNF ------- Intranet

                client luar

nanti tinggal di MNF-nya kamu atur maunya gimana apa mo yg client luar
cuman internet dan gak bisa ke intranet di MNFnya juga sudah ada DHCP
server .. semuanya pake web panel .. lebih mudah.

Salam

Roed