Hans wrote:

> saya berencana membuat mail server dg qmail+fc3. folder mana yg hrs
> saya set gedean tuk menampung mailbox user? waktu install, saya
> automatic partition, jadi hanya ada 3 partisi : /, /boot/ dan /swap
>
> apakah by default, fc3 akan mengmabil space yg diperlukan, misalnya
> folder /var perlu gede, fc3 akan otomatis alokasi kesana??

Saya belum pernah mencoba install FC3, mungkin cara mengalokasikan
partisi bisa dengan otomatis atau manual seperti di FC1/2. Sedangkan
untuk menentukan partisi mana yang sebaiknya paling besar untuk mail
server, hal ini tergantung cara menentukan tipe mailbox dan letak
direktorinya. Jika menggunakan tipe konvensional vsm (/var/spool/mail)
tentunya partisi /var lebih baik yang dibesarkan. Tapi jika
menggunakan tipe maildir, sebaiknya partisi /home dipisah dan
dialokasikan lebih besar. Namun, kalau domainnya virtual dan
menggunakan vpopmail/vmailgr, silakan diperiksa dimana HOME direktori
user-user yang menghandle domain virtual ybs.

Rgds,
Asfihani