On Wednesday 19 January 2005 03:49, Arief Fadillah wrote:
> Rekan-rekan, tolong bantuannya, sebelumnya terima kasih.
> Sekarang ini saya sedang memakai script iptables
> untuk router/gateway dengan Mandrake 10
> yang sudah berjalan baik, seperti di bawah ini.
> iptables -F
> iptables -t nat -A POSTROUTING -o ppp0 -j MASQUERADE
> iptables -A INPUT -i ppp0 --source 192.168.1.0/24 -j DROP
> iptables -A INPUT -i ppp0 --source 10.0.0.0/8 -j DROP
> iptables -A INPUT -i ppp0 --source 172.16.0.0/12 -j DROP
> iptables -A FORWARD -i eth0 -j ACCEPT
> iptables -A FORWARD -m state --state ESTABLISHED,RELATED -j ACCEPT

Dengan asumsi ppp0 adalah interface yang langsung berhubungan dengan Internet,
saya rasa tidak akan ada yang masuk untuk rule INPUT baris 3 - 5.
Pada rule baris ke 6 ini justru malah semua ip yang gatewaynya ke ETH0 malah
diallow total ..

Pemahamannya ada di www.lartc.org/lartc.txt pada baris - baris akhir mengenai
konsep packet2 yang masuk ke mesin, keluar dari mesin, bahkan melewati mesin
(routing concept)

Sedikit petunjuk:
buat POLICY DROP di chain forward pada table filter.
lalu yang mau diACCEPT tinggal disebutkan saja .
Jadi nanti kalau ada yang maudihapuskan untuk tidak bisa internet, tinggal
hapus satu baris saja ..

Untuk iptables agar bisa baca mac address seingat saya dengan - - mac ,
coba # man iptables, disana ada baris perintahnya..

- Rio.Martin -