On Thu, Jan 20, 2005 at 11:45:25AM -0500, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> bagaimana caranya instalasi paket tar.gz?
> saya pake mandrake 10.1 dan mau installasi thunderbird. udah download
> dan dapet paket thunderbird.tar.gz , paket tsb saya taruh di usr/local/src
> terus dari terminal dengan user root, masuk ke usr/local/src saya lakukan :
> $tar xvzpf thunderbird.tar.gz
> pas saya cek di direktori usr/local/src ga ada direktori thunderbird. lalu
> saya ketikan $tar zxvf thunderbird.tar.gz dan ada direktori thunderbird
> lalu $make config lalu pesan "make: *** No rule to make target `config'.
> [...]
Anda ambilnya dari halaman depannya kan? Kalau produk-2 Mozilla yang
Anda ambil lewat "arahan" dihalaman depan (Mozilla, Firefox,
Thunderbird, Sunbird (Lightning?)), itu sudah binari. tar.gz
hanyalah untuk "mengumpulkan". Itu per user (beda bila ambil dari rpm),
sehingga root jangan makai yah;-) Untuk Thunderbird, jalankan saja
"thunderbird"

Banyak juga yang binari tapi di tar-gz-kan agar mudah didistribusikan, semisal
OOo dan Nvu. Pengguna biasa tidak usah minum kopi dan ngerokok untuk nunggu
kompilasinya;-P~

--
Program Diploma Teknik Elektro
Universitas Gadjah Mada