M. Askari. A wrote:

> Saya menggunakan Mandrake + Postfix + Amavis + Clamav + Spamassasin
> untuk email server saya. Saya ingin membuat fasilitas backup yang
> dapat di schedule utk email server saya, terutama utk data2 email
> user. Thank's

Email itu kan bentuknya file text biasa (ASCII), jadi ya tinggal
dibackup direktori dimana file tsb disimpan :-). Tipe mailbox
direktorinya diset di mail_spool_directory, tipe maildir diset di
home_mailbox, kalau mailbox domainnya virtual tergantung dimana anda
mengesetnya :-). Toolsnya bisa macam2, mulai dari
crontab+(cp+mount|rsync|scp|ftp|whatever) sampai dengan veritas backup
kalau perlu :-).

Rgds,
Asfihani