From: "Eric Gunadi" <[EMAIL PROTECTED]>

> FYI, 210.210.145.1 adl IP proxy provider. Sebelum menggunakan opsi
default,
> saya menggunakan opsi round-robin & no-query. Tapi setelah dicek di
> access.log, kedua opsi tsb tdk menghasilkan respon HIT yg memuaskan.
Begitu
> jg yg ketiga ini (opsi default).
>
> Saya ingat posting dr Sdr.Arief Yudhawarman yg bereksperimen dng SQUID 2.5
&
> SQUID 2.4. Menurut beliau, dng squid.conf yg sama, hasilnya lebih
memuaskan
> (mostly HIT) SQUID 2.4 ketimbang SQUID 2.5. Hal ini jg yg terjadi pd proxy
> squid saya. Apakah versi memang pengaruh ? Saat ini saya menggunakan SQUID
> 2.5.STABLE1 bawaan RH 9.

Baiklah akan saya jawab, eksperimen saya dg squid sudah sejak pakai redhat
6.2.
Saya compile dr source code, install, tuning dan saya tinggal, jadi ndak
saya
amati (saya tidak pakai squid bawaannya redhat, krn kelihatannya gengsi gitu
kalau berhasil install squid dr source code :-). Nah, sekarang setelah saya
ada waktu untk amati lognya squid, ketahuannya waktu pakai redhat 7.3,
ternyata kompilasi squid yg versi 2.5stable7, tidak menghasilkan object HIT
yg memuaskan malah banyak MISS-nya dibandingkan dg versi 2.4 bawaannya
redhat 7.3.
Ada feature yg aneh dg squid bawaannya redhat 7.3:

1. jika 'offline_mode off' diaktifkan maka banyak objek yg ke HIT, tapi
objek
   yg dinamis seperti tampilan situs kompas dan detik tdk akan ke HIT.
   Jadi mode offline selalu saya off-kan padahal koneksinya online ke
internet.
   Ini tidak berlaku u/ squid hasil instalasi dr source code.
2. beberapa url gambar (gif) di situs detik.com, tidak pernah ke HIT,
   padahal sudah saya download bolak balik. Mestinya kan masuk ke cachenya
   squid (sudah jangan tanya lagi modifikasi refresh_pattern, udah dilakukan
   comot sana taruh sini).

> Jadi sebaiknya, apa saja yg hrs diperhatikan di sisi saya selain versi
SQUID
> ? Apakah cukup dng setting spt di atas ? Lalu apa ada yg hrs diperhatikan
di
> sisi provider ? Dalam arti, semaksimal apapun setting squid proxy di sisi
> saya, akan useless jk tdk disinkronkan dng setting di sisi provider. Bukan
> begitu ? Misalkan ICP port provider bukan 3130. Atau mungkin ICP port sama
> sekali tidak dibuka.

Coba saja install slackware 10, download squid yg terbaru dr
www.linuxpackages.net.
Saya sudah sngat puas dg hasil kerja squid, udah lakukan tuning squid.conf
di sana sini. Sebelumnya sudah download source code squid.2.5stable7,
configure
sesuai dg saran dr pakar squid, dan install, eh ternyata hasilnya ndak
memuaskan,
aneh toh ?

Cara mengamati unjuk kerja squid, gampang saja sebenarnya, yg paling
sederhana
adalah object yg sudah didownload mestinya sudah masuk cache shg jika ada
yg download object yg sama mesti ke-HIT. So, amati log access.log dan lihat
object2 yg direquest di situ, jika ada yg MISS, coba buka browser di
komputer
lain, dan get object yg sama, kena HIT tidak, perkecualian untuk object
yg dinamis, misalnya ada pattern '?', ada header no-cache, dll ... (lihat
selengkapnya di squid.conf).

Saya pernah buka www.playboy.com dan detik.com di komputer a, setelah
dua-duanya tampil, saya buka di komputer b (cachenya sudah saya bersihkan)
dan buka kedua situs di atas, alamak buka playboy secepat kilat, tapi
buka detik masih lemet sedikit ...

Dua hal lagi, squid ndak berdiri sendiri, dia butuh query ke server dns
yg handal. Saya sarankan install djbdns (dnscache + tinydns), perfomansinya
lebih
bagus drpd bind. Kemudian untuk memblok iklan/banner yg ndak perlu pakai
redirector. Saya pakai adzap dan publicfile dr cr.yp.to (pembuat djbdns)
krn ringan dan cepat. Kalau anda pakai slackware 10, instalasinya bisa
contoh
punya saya. Instalasi djbdns untuk slackware ada dan lebih bagus drpd
yg ada di situs www.djbdnsrocks.org :-) ...

Salam

Arief Yudhawarman

Yg migrasi dari redhat ke slackware