Hallo...

Minggu lalu saya baru berhasil install FC3 di external USB drive ; bisa
install ; boot dan digunakan untuk operasi normal.

Distro yang saya gunakan adalah FC3 ; tahap-2 nya yang penting adalah
sbb. :

1. Pastikan bahwa di BIOS nya HDD USB external tsb. dikenal dan bisa
boot.

2. Boot dari CD instalasi dulu
3. Pilih LINUX EXPERT ; kalau langsung pilih install USB external drive
nya tidak terdeteksi ; tapi kalau pilih LINUX EXPERT nanti USB drive nya
muncul

Note : yang saya lakukan pada saat instalasi ; saya lepas HDD di
notebook saya supaya benar-2 tidak ada internal drive dan semua nya
terinstall di external drive.  Sebetulnya tidak perlu dilepas ; tapi
untuk "yakin" nya maka saya lepas HDD internal

4. Setelah selesai melakukan instalasi ; boot lagi dari CD Instalasi
lalu pilih LINUX RESCUE

5. Lakukan patch pada INITRD nya supaya loading kernel menunggu beberapa
detik sebelum partisi yang ada di USB Drive nya berhasil dimount

link nya untuk lebih detil ada di
http://simonf.com/usb/

6. Setelah lakukan prosedur di atas maka linux sudah bisa boot langsung
dari external disk USB ;

Semoga membantu;

Salam