From: Rumy Taulu [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 25 January, 2005 10:47 AM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: Re: [tanya-jawab] Mohon bantuannya soal subdomain dan postfix...

[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Dear all,
> Selama ini saya menggunakan postfix untuk mail server intranet dengan
> IP Private. Next saya ingin menjadikan mail server tersebut sebagai
> mail server internet dengan IP Publik. Pertanyaan saya :
> 1. Bisakah saya tetap menggunakan IP Private tersebut untuk mail
> server intranet dan sekaligus menggunakan mail server yang sama untuk
> internet dengan IP Publik? Kalo bisa gimana caranya? Karena kalo semua
> email

Bisa

> (termasuk email intranet) harus routing ke internet dulu tentu
> aksesnya akan menjadi sangat lambat.

Pasang LAN Card baru di Server anda tsb, kemudian assign IP baru (IP
Public), atau anda bisa menggunakan IP Aliasing seandainya tidak ingin/tidak
bisa menambah LAN Card.

> 2. Karena menggunakan IP Private, selama ini saya membuat subdomain
> untuk pengelompokan email address dengan cara menggunakan 1 IP Address
> untuk setiap subdomain. Misalnya : 192.168.0.210 untuk
> finance.abc.com,
> 192.168.0.211 untuk accounting.abc.com. Nah kalo menggunakan IP Publik
> tentu hal tersebut akan sangat boros sekali. Adakah metode lain yang
> digunakan untuk membuat subdomain agar tidak boros IP Publik...?

Satu IP utk beberapa domain? ... anda bisa menggunakan virtual domain, dan
mail-mailnya di deliver locally ke masing-masing mesin tsb diatas.

--
rumy