Yg jd pertanyaan saya adalah :

1. apakah gateway dan firewallnya jadi 1 mesin apa ngak ?
2. truss, untuk web caching (squid) pake mesin terpisah dari firewall ?

tp hanya untuk sekedar masukan, untuk konfigurasi coba bikin jaringannya
sepertin ini :

                                    |---- <DMZ>
<gateway> ---- <firewall> --|
                                    |---- < Local LAN >

nah untuk gateway, bisa pake ip public dari isp yang 202.222.g.g.
untuk firewall mempunyai 3 ethernet yaitu, net, dmz dan local, untuk net
bisa pake ip public 202.111.t.0-6/248. kalo firewallnya pake linux
tinggal
pake ip alias.

Untuk mail server, web caching(squid), etc,  bisa menggunakan ip
private. Setelah itu di NAT aja dari firewall. Keuntungannya biar lebih
secure aja :).

Untuk web caching yang berbeda mesin dengan firewall, bisa di mengunakan
DNAT, kalo menggunakan shorewall bisa di set pada rules nya. Coba baca
tutorial shorewall biar lebih jelas.

Kalo untuk gateway bisa menggunakan router atau pc router. Tergantung
kebutuhan dan dana aja hehehe....