NgebrakCity wrote:

> mau nanya mana yang lebih baik dan gampang di konfigurasi serta
> stabil untuk ngeblock pembajak email (biar email kita nggak di salah
> gunakan orang lain) selain menggunakan PGP signature.
> saya pernah denger pakai spf atau greylisting bener nggak yah ada
yang
> pernah nyoba??
> serv ku pakai qmail

Mas Ngebrak, kalau penerima pengen kepastian email tersebut datang
dari sender yang benar, ya memang harus menggunakan PGP (atau kalau
bosan pakai email bisa pakai surat post atau fax saja *kidding*). Spf
dan greylisting skupnya sudah beda, dua hal tersebut digunakan untuk
mengurangi spam, bukan pemlasuan alamat.

Rgds,
Asfihani