> From: prastowo 1982 [mailto:[EMAIL PROTECTED]
> Saya mau nanya nih sama temen2 milis, soalnya saya baru migrasi kelinux
> :D
> saya mau install program dilinux, kan kalau gak salah perintahnya seperti
> ini :
>
> # rpm -ivh nama program(*.tar)

rpm command untuk file berektensi *.rpm. Kalau file *.tar[.gz], harus
di-unzip[untar] dahulu. Lalu dibaca README, INSTALL, dsb untuk lebih
jelasnya.
Untuk rpm, kebanyakan distro [kalau diinstal juga GUI-nya], sudah
menyediakan tool/utility untuk menginstall program/app rpm tsb, eg:
'add/remove programs' di KDE.

> yang mau saya tanyakan adalah kalau installannya berhasil instalan nya
> ada didirektori mana yah.. ?
'add/remove' bawaan Mandrake, cukup memberikan informasi file2 instalasi
disebar ke direktori apa saja.
Atau dengan command rpm ['rpm -qpl nama-paket.rpm'], sebelum menginstall,
dapat dilihat file2 nya akan disebar ke mana saja. Untuk lebih jelas, 'man
rpm', 'rpm --help'.
Yahh.. kalau paket *.tar[.gz], sangat tergantung dari programmer yang
membuatnya [walapun kebanyakan menggunakan dir /usr/local/[nama paket], maka
dari itu, dibaca dulu .... [see first respon above there].

> dan apakah semua aplikasi dilinux bisa dibuka dari console ?
Tergantung, kalo memang aplikasinya tidak [harus] under[menjalankan] GUI,
bisa saja.

yaya