m Ilhami wrote:

On Sun, 20 Feb 2005 12:18:37 +0800, naufal jawad <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Banyak mas modem yg support linux saya dulu pakai Motorolla (internal)
utk eksternal tinggal seting di tty0 (COM1). Saya juga di Banjarbaru
(Airport Syamsudin Noor) 3 server saya pakai RH9.

jangan pakai motorola sm56. kecuali anda pakai kernel Redhat 9 yang asli. modem ini tidak lagi disupport untuk release linux selanjutnya.

Maaf kalo saya tidak setuju, *linux* mana yg anda maksudkan? semua distro linux? ato kernel linux? ... IMHO motorolla sm56 disupport oleh semua kernel linux, saya pernah pakai itu.

Ada workaroundnya, tapi saya nggak berhasil juga tuh. lebih baik pakai

Anda tidak berhasil, bukan berarti teman yg lain juga tidak akan berhasil, anda hanya *belum* berhasil saja.

modem eksternal, lebih mahal tapi disupport linux lebih baik.

Ya dan tidak, kalau pake plain vanilla kernel selalu berhasil (download dari kernel.org, patching, compile sendiri etc), coba untuk tidak terikat di binary kernel bawaan distro, anyway ... that's the beauty of linux, isn't it?

-- rumy