On Sun, 2005-05-22 at 00:18, wawan bahtiar wrote:

> setting queuelifetime diset berapa lama ?
> itu nilai default -nya 7 hari (atau 1 minggu) kalau anda tidak merubah
> atau tidak di set.
> kalau mailserver anda adalah mailserver utama yg banyak melayani email
> client anda, ya mungkin mailserver itu akan di sibukkan dengan antrian
> email yg mesti dikirim dengan queue yg panjang dan waktu yg lama.
> aku sih biasanya di set nilai 3 JAM (10800 menit), jadi kalau dalam
> waktu 3 jam email yg masuk ke queue belom terkirim juga, harus dikirim
> balik ke si pengirim , semacam pemberitahuan (notice) dari qmail bahwa
> [...]

Waduh, kalau 3 jam saya rasa terlalu agresif :-). Bagaimana kalau memang
ada queue yang kebetulan remote MTA lagi ada masalah
(network,server,etc)? atau network ditempat ada sendiri misalnya? Dan
jika dalam waktu 3 jam tidak up -> notifikasi/bounce digenerate, siapkah
menerima komplain dari user2 anda :-)?

Salam,
Asfihani