On 6/2/05, Wahyu Wijanarko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Rekan-rekan,
>
> Apakah ada cara untuk membatasi bandwidth per IP?
>
> Jadi saya punya public server, yang bisa diakses dari mana saja, namun
> saya ingin membatasi bandwidth koneksi per IP menjadi 128 kbps, tanpa
> saya harus membuat tabel atau mendefinisikan IP berapa saja. Jadi IP
> manapun masuk ke eth0, per IP yang konek ke server saya dapat jatah
> maksimal 128 Kbps.

Menurut pengertian saya, yang di maksud ini public server, yang bisa
di akses oleh client mana saja dari internet kan ?

Kalau public server ini adalah webserver, mungkin bisa di coba squid
dengan http_accelerator / delay pool nya, squid di taruh di antara
webserver dan internet, sehingga client bakal hit squid dan squid yang
men throttle pake delay pool.
Saya ngga pernah coba cara ini jadi CMIIW

Kalau in general, misalnya saja, total bandwidth anda 1280kbps, kalau
10 clients berarti kepakai semua 1280kbps. kalau 5 clients cuman
640kbps yang kepakai, kalau ada 15 berarti 1280kbps di bagi 15 kan.
Di dalam situasi-situasi di mana client nya lebih kecil dari 10, kan
berarti ada bandwidth yang sebenarnya masih bisa di pake, kalau
requirement bisa di relax menjadi "bandwidth tiap client = bandwidth
yang ada di bagi dengan jumlah client yang ada" bisa pake SFQ
(http://lartc.org/howto/lartc.qdisc.classless.html#LARTC.SFQ). Tiap
flow (tcp session/udp stream) bakal di taruh di FIFO sendiri sendiri,
dan semua FIFO yang ada bakal di round robin, jadi tiap connection
dapet kesempatan untuk jalan. Ngeset nya juga gampang lagi.

Dion Sasmito
www.metesek.com