surjadi wrote:

Tentang config nggak ada yang salah. Dapat masukan

Saya kutip "andi.ptm99.com.ptm99.com. 42 10800 900 604800 .."
ini berarti anda tidak menaruh titik (.) di belakang andi.ptm.99.com
menurut *bind* itu salah.

dari temen bukan dari [tanya-jawab] untuk periksa
iptables, dan tenyata memang di blok. Firewall dilepas
dan semua OK. Ntar dibenahi lagi rules-nya.

:)

Tentang nilai serial itu tidak saya ubah/default, apa
memang harus diubah menjadi 200506xx01.

Sebaiknya demikian, karena serial menunjukkan waktu update dan berapa kali di update, ditaruh disitu bukan utk hiasan.

Jangan lupa membuat file named.ca yg berisi root
servers.
yang ini apanya yang harus diubah lagi? IMO
--berdasarkan bacaan-- nggak ada yang perlu diubah.
Bisa kasih contoh lebih jelas? Thx.

named.ca seharusnya berisi root servers list, yg saya maksudkan kalau anda belum punya named.ca di /var/named sebaiknya dibuat, kalau sudah ada dan berisi (updated) root servers tentu saja tidak perlu dibuat lagi.

--
rumy