On Thursday 23 June 2005 20:22, Boby Gunawan wrote:
> hi...salam linuxer....
> saya en temen2 di KSL bumigora mataram dapat tawaran buat
> jaringan diskless di sebuah SMK.
> Komputernya ada 23 buah dengan spec 486.
> saya en tmn2 belum pernah punya pengalaman sama sekali
> jadi mohon info en bagi2 pengalamannya donk...

saya sering membuat LTSP linux...silahkan tanya-tanya ke saya lewat mail...

> apakah dengan 23 komp tsb kuat dengan satu buah server
> saja?

cukup kuat...yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan performance nya
adalah,
1. Memory server nya harus cukup besar, acuannya adalah kalau linux desktop
dengan linux perlu memory 128Mb untuk berjalan dengan lancar tanpa memakai
swap terlalu banyak. memory client perlu kira-kira 50% dari memory satu
desktop. jadi untuk 1 server + 23 client = 128+23x64 =1600Mb, untuk amannya
siapkan server dengan 2Gb ram.
2. Network yang cepat, pakai saja switch 10/100Mb, jangan Hub...karena hub
sharing bandwidth misalkan hub 100Mb dengan 24 port aktif semua maka masing
masing port akan mendapat 100/24 = 4mbps, lain dengan switch masing masing
port mendapat 100Mbps.
3. pakai LAN card dengan PCI, kalau isa card speed nya cuma 5mbps.

> kami rencananya mau pake distro RedHat 9 versi K12LTSP
> yang kami dapet dari buku mini Info Linux (membangun
> jaringan diskless)

LTSP pakai distro apa saja seharus nya bisa saja, tapi K12LTSP sudah ada ltsp
nya di distro tsb tidak perlu download lagi

> masalah berikutnya ialah kami kesulitan mendapatkan LAN
> card tipe ISA sebanyak 23 buah. apakah ada info dari temen
> milis dimana bisa membeli LAN card ISA sebanyak itu.

Di jakarta banyak lan card isa second, yang pci juga banyak kok...saran saja
pakai yang PCI kalau komputer nya sudah ada LAN PCI bedanya tidak terlalu
jauh kok, performance nya jauh banget kayak gerobak vs BMW.
kalau mau bisa saya belikan nanti dikirim ke sana yang ISA murah kok paling
20-30rb cuma itu second semua, kalau yang PCI bisa 60-80rb baru