On 6/26/05, El_Kaef <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> kenapa linux kurang populer dibanding windos?
> Salah satu jawabannya terletak pada masalah kesalahan positioning. apa
> itu positioning? positioning adalah bagaimana kita menempatkan imej
> sebuah produk di benak konsumen. karena selama ini mungkin kita
> terlalu sering membahas persoalan teknis (seperti instalasi, distro,
> aplikasi, kernel, gcc, apalah....) makanya konsumen (orang-orang)
> mengasosiasikan linux dengan sesuatu yang sulit dipelajari, diperlukan
> keahlian khusus, diperlukan pengorbanan khusus dan sebagainya....

lha...membahas soal teknis itu kan emang kebutuhan...dan emangnya
makai windows tidak butuh keahlian, pengorbanan dll? Selama ini kursus
windows ada dimana2 koq. pertanyaan, situs, forum, milis dll soal
windows juga kaga kalah banyak...lalu kenapa orang memakai windows? ya
karena memang windows ada dimana2 dan banyak orang ngerti windows.

> usul ya......
> selain membahas masalah teknis dan segala macamnya yang menurutku gak
> ada habisnya, mendingan teman-teman yang sudah yakin dan mantap
> menggunakan linux membuat strategic plan untuk ¨membumikan¨ linux di
> lingkungan sekitar kita, terutama dimulai dari temen2 civitas
> akademika.

setuju sekali dimulai dari akademis tapi kurang ampuh kalo hanya di
akademis aja, lah selepas kuliah kerja di tempat yang pakai windows
semua? Lowongan 99% kantoran butuh familiarities ama windows & office
suite.

> [...]
> ama yang namanya nyari sponsor.... :)
> bikin stiker linux
>
> Linux: simple
> Linux powerful
> linux secure
> linux faster
> etc..
> sebarkan di tempat-tempat strategis, yakin dech dengan desain menarik
> orang pasti akan mau menempelkan stiker tersebut (di helm misalnya)
> kerjasama dengan pihak ketiga untuk membuat stiker (sponsor lagi), bisa kan?
>
> dan masih banyak lagi jalan yang bisa ditempuh untuk ¨REPOSITIONING¨

Tidak ada istilahnya positioning tapi nggak pake duit di jaman
sekarang ini kecuali keajaiban "trend" yang menurut gue emang sudah
terjadi pada linux saat ini (baca buku Tipping Point). Microsoft mo
positioning OS-nya aja bersedia potong harga (baca:keluar duit) kerja
sama ama pemerintah kita dan bikin iklan dimana-mana kalo windows
lebih murah daripada linux. Kalo ada positioning tanpa keluar duit,
stasiun TV, majalah dll bisa bangkrut...

Menurut gue, salah satu hal yang bikin linux kurang memasyarakat
adalah karena memang linux belum bener2 senyaman bagaimana orang2
tersebut memakai os yang biasa mereka pakai (yang kebetulan adalah
windows, bukan berarti windows lebih nyaman karena ini hal yang
subjektif). Hal ini amat mengganggu bagi si calon pengguna linux
karena dia harus keluar dari "comfort zone" yg selama ini dia
terbiasa. Dan seringkali mereka tidak mau atau enggan karena memang
hidup ini sudah cukup rumit....ya kecuali terpaksa :)

Lalu mungkin juga karena terlalu banyak distro...tidak karena ada 300
ato 400+ distro linux diseluruh dunia tapi kita ambil top 5 saja sudah
cukup membingungkan bagi yang benar2 awam...linux apa yang paling
mudah bagi saya? linux apa yang cocok untuk a, b dan c? Distro yang
banyak memang adalah hal yang positif karena kaya dalam pilihan tapi
dalam hal ini seringkali bagai piso bermata dua. Emang pada intinya
semua distro sama aja, tapi yah faktanya memang berbeda satu dengan
yang lain...buktinya di forum aja dibikin topik khusus buat
masing-masing distro tokh?

dan yang paling penting adalah dorongan lingkungan seperti pemerintah
dan tempat kerja.

Solusinya? Menurutku apa yang dibuat oleh team Ubuntu adalah hal yang
paling pantas dicontoh (bukan promosi, tapi just IMHO). Cari sponsor,
bikin distro yang senyaman mungkin melebihi yang ada, bagi-bagi
gratis. Kalo yang berbakat, bantulah distro2 seperti Ubuntu dengan
bergabung dan bikin lebih friendly dan bisa macam2 sehingga
menggantikan windows.

Just my 2 cents :D

www.sentralinux.com