Royke K wrote:
berarti jelas sekarang .. tar.gz dan tgz itu beda ya ? ... :-)

tapi isi boleh sama loh
jadi beda atau sama itu tergantung fungsi paket, bukan nama pemaketan

contohnya, saya punya paket biner anjuta yang saya download dari:
http://linuxpackages.cgucccc.org/Slackware-10.1/ananda/anjuta-1.2.3-i486-1rsa.tgz

lalu saya ganti namanya (atau ekstrak dan paketkan ulang, terserah)
# mv anjuta-1.2.3-i486-1rsa.tgz anjuta-1.2.3-i486-1rsa.tar.gz

kemudian saya install di komputer saya
# installpkg anjuta-1.2.3-i486-1rsa.tar.gz

ternyata bisa, bahkan jika kita mau mengganti namanya menjadi berekstensi .rpm atau tanpa ekstensi sekalipun tidak akan berpengaruh

# mv anjuta-1.2.3-i486-1rsa.tar.gz anjuta
# removepkg anjuta*
# installpkg anjuta

Tapi saya tetap berpikiran akarnya linux ya 3 distro itu ...

- akarnya linux ya cuman 1, yaitu kernel
- berdasarkan sistem pemaketannya, cabang linux boleh disebut ada 3
- rantingya banyak
- pucuknya bejibun
:D

Anyway thanks.