Arief Yudhawarman wrote:

Hai milisers,

Maaf, pertanyaan ini datang dari orang yg newbie ttg novell server,
pokoknya tdk pernah install novell dah. Masalahnya begini saya
seringkali lihat teman2 saya di sini pada install server dg
novell netware, umumnya pakai yg versi 5.0 atau 5.1. Tapi sayangnya
installasi servernya tdk sempurna berhubung hanya dikasih 1
license, singkatnya hanya 1 workstation yg bisa konek ke server.

Saya ingin tanya bisa kah linux diinstall untuk menyamar atau
seakan-akan sebagai novell netware sehingga workstation yg konek
tdk akan mengetahui perbedaannya ? Dan apa saja kah service yg
disupport oleh linux agar bisa berfungsi layaknya novell server ?
Apa kah semua feature novell netware 5.0/5.1 disupport oleh linux ?

Terakhir tolong saya diberitahu links atau url untuk pemecahan masalah ini.
Aku pernah nyoba masalah ini..bahkan aku pernah bertanya dalam milis ini sebelum ANDA..karena aku juga sampai sekarang belum menemukanya..bagaimana caranya menjadikan LINUX sebagai NOVELL CLIENT
Tapi kali ini hanya sharing pengalaman karena memang aku pernah nyoba..
Aku pernah nyoba dengan distro RH9 dan MAndrake 9 dan 10 tetapi keduanya tidak mendukung..
Memang sa'at di install..lancar baik yang RPM maupun yang TAR.GZ
Bahkan bisa muncul WIZARD LOGIN NOVELL_nya..tetapi sa'at mencari TREE dari NOVELL SERVER Dapat namun ternyata sa'at mencari CONTEXT dari OBJECT yang akan kita LOUD itu harus di MOUNT dahulu...dan disinilah kesusahanya...menurut jawaban E_mailku dulu menggunakan DOSEMU..tetapi tetap aku gak bisa.
Dalam www.novell.com yang direstui dan kerjasama HANYA distro SUSE
Dan perlu ANDA ketahui ternyata memerlukan LISENSI...gak gratis...

sory..itu hanya berita..

.