On Mon, Sep 19, 2005 at 03:20:33PM +0000, Rio Martin. wrote:

> Pertama iptablesnya dibuat default DROP
> lalu allow satu per satu pc yang dipakai.
>
> pakai --mac-source aa:bb:cc:dd:ee:ff dan -s 192.168.1.1 pada iptables
> note: yang aa:bb dan 192.168 itu cuma contoh saja ..
> ganti sesuai kebutuhan disana.

Minimal ada dua kelemahan besar yg saya lihat:
- mac address juga bisa diganti (di OS-nya), walaupun mungkin tidak
  banyak diketahui org caranya seperti cara mengganti ip address,
- kalo cuma beberapa puluh hosts mungkin masih mudah dimaintain (lebih
  dr 30 mungkin udah makin males), tapi kalo udah ratusan atau ribuan
  bisa puyeng sendiri. Bukan cuma masalah bisa atau tidak utk pertama
  kalinya aja, tapi maintenance itu berjalan, pasti banyak yg ganti2,
  dan makin banyak usernya biasanya makin complex pula masalah2nya.

Saran saya, coba think outside the box dan jgn terlalu terpaku
membatasi dr network (ip/mac) address aja. Sebagai salah satu contoh
aja, tergantung infrastruktur yg udah/akan ada, mungkin solusi
menggunakan username/password login bisa sedikit lebih baik (misalnya
kalo udah ada centralized user database seperti LDAP yg juga dipake
utk email, dan login lain2nya ke network), jadi ini discourage usernya
utk sharing password.

Ronny