On 9/20/05, pak ogah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> om rianu
> maaf klo ngga ngeh dari email saya sblmnya, oke aku jelasin lagi,
> {moga-moga om rianu di kasih kesabaran oleh Nya}
>
> setelah saya melakukan hal ini
> # mv /var/qmail/bin/qmail-queue /var/qmail/bin/qmail-queue-real-auditor
> # ln -s /usr/local/bin/qmail-auditor /var/qmail/bin/qmail-queue
>
> maka dr [EMAIL PROTECTED] kalau kirim email ke recipient tidak
> nyampe...
> dan begitu pula kalau dikirim email dari domain yang lain..
>
> lalu saya coba liat log ini
> /var/log/qmail/current ngga ada apa2x nya
> [...]

coba refer ke http://qmail-auditor.sourceforge.net dalam waktu kurang
dari 15 menit bisa saya aplikasikan ke salah satu server qmail saya,
yang saya lakukan :
- copy qmail-auditor ke /var/qmail/bin/
- mv qmail-queue qmail-queue-real-auditor
- sebelumnya pastikan semua owner dan permisson sama dengan qmail-queue
- buat file /var/qmail/control/auditor yang isinya rule
- monitor terus /var/log/qmail/current
- DONE

--
Regards'