pak Ronny,

situasinya begini, ada sebuah LTSP server yang
sekaligus menjalankan proxy server. di LTSP server
tersebut terdapat 2 LAN card, eth0 terhubung dengan
LTSP network dan eth1 yang terhubung dengan modem
ADSL.

permasalahannya terletak pada client LTSP yang
sebenarnya user dalam LTSP server itu sendiri bukan?

artinya sekalipun banyak client sebenarnya itu kan
user biasa yang ada di server LTSP, nah user2 ini kan
kalo akses ke internet kan harus melalui eth1(modem
ADSL).

saya sudah mencoba transparant proxy dg config sbb:

squid.conf:
http_port 8080
httpd_accel_host virtual
httpd_accel_port 80
httpd_accel_with_proxy on
httpd_accel_uses_host_header on

iptables:
iptables -t nat -A PREROUTING -i eth1 -p tcp --dport
80 -j REDIRECT --to-port 8080

> Request yg digenerate di mesin itu sendiri tidak
> akan match rule di
> atas, jadi tidak akan kena redirect. Kenapa? Karena
> bukan berasal dr
> eth0 dan gak masuk table "nat".

nah justru permasalahannya requestnya itu di generate
oleh mesin yang sama. akibatnya dengan setting yang
tadi saya pakai, browser tetap bisa internet-an
sekalipun tanpa proxy.

> Makanya saya bilang addressnya penting. Selalu inget
> source dan
> destination address, jgn cuma destination aja atau
> portnya aja.

lalu kalau berasal dari mesin yang sama, yang menjadi
source siapa donk? lalu rule iptables-nya jadi bagaimana?

LinuxMurah.com
dealer distro murah & lengkap