maaf lagi mas admin. repost karena buru2 lupa set font, jadinya brantakan.

dear all,
lagi butuh masukkan lagi nih.
setelah kmaren berhasil bikin pc router dan smua pc sudah bisa konek ke domain
dan internet.
ada masalah lain yg sangat mengganjal. yaitu pc pada network 192.9.19.0 tidak
bisa konek ke database server (DB server) dan beberapa file server lain.

sebagai catatan, bahwa dulu sebelum Db server aku pasang dual GBit ethernet, PC pada network 192.9.19.0 masih bisa mengakses DB server (running SQL svr 7). tapi setelah DB server di pasang dual Gbit ethernet maka PC tersebut tidak lagi bisa mengaksesnya. apakah memang ada hubungannya dengan dipasangnya dual ethernet?

dan satu lagi, koneksi ke network 192.9.18.0 dari 192.9.19.0 knapa lambat
sekali ya?

berikut ini aku sertakan lagi layoutnya.

TIA
sigid
              |cisco|
                 |192.9.18.254

              |bridge|

| 192.9.18.8 192.9.19.254 ---------------------|router|-----
        |switch 1|                       |switch 2|
     (192.9.18.0/24)                  (192.9.19.0/24)