On Thu, Oct 06, 2005 at 09:19:28PM +0700, Uung H.R Bhuwono wrote:
> Ada yang tau ngerubah permision file dan subfile/file (dan subfile
> dibawahnya lagi dan dibawahnya) dari console ngga?

        find . -type f -print0 | xargs -0 chmod 0644
        find . -type d -print0 | xargs -0 chmod 0755

'chmod -R' (rekursif) bisa asal anda tidak peduli yg mau dichmod itu
file atau direktori. Ini biasanya jarang sekali, karena permission
direktori dan file di dalamnya jarang sama, kecuali kalo isinya file
executable semua.

Sayang sekali kalo tidak mengenal dan memahami 'find'. Dalam 1-2
minggu ini rasanya seperti sudah berapa kali saya posting ke milis
soal 'find'. Kalo anda mau melakukan suatu operasi yg sama ke banyak
file atau sekedar mengumpulkan daftar file dg suatu pola tertentu,
kemungkinan besar bisa dilakukan dg bantuan 'find'.

Ronny