On Wed, 2005-10-12 at 11:23, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> beberapa hari lalu aku bertanya ke provider cbn, mengenai mail server aku!!
> mereka mengatakan agar aku daftarkan spooling dulu agar mail server lokal
> aku
> bisa langsung tarik email..
> namun 1 hal yang aku bingung makna dari spooling itu!! mungkin rekan2 bisa
> bantu aku!! dan ini penjelasan dari mereka mengenai spooling;
> 1. aku punya mail server local, mis. dgn nama [EMAIL PROTECTED]
> diminta untuk daftar kan di spooling. sedangkan email di tempatku ada banyak
> mis: 10 email account, jika aku daftarkan ke spooling maka ke-10 email aku
> [...]
+++

Layanan Spooling Mail (AFAIK cuman CBN aja) = Semua email yang masuk
darimanapun dengan tujuan domain @namaperusahaananda.co.id akan di
spool/dikumpulkan di server mailnya ISP.

Service spooling mail biasanya dipake jika bapak mempunyai server mail
sendiri dengan 'kemampuan koneksi internet' terbatas....
Server mail bapak bertugas meretrive/mengambil email2 yang telah di
spool/dikumpulkan di server mail ISP.

Jadi samasekali 'ngga ada kesannya' spt mailing list kan...beda jauh.

CMIIW,
perasaan disini ada 'opisboynya' CBN, dikoreksi kalo salah ya bang.. :-)