On Tuesday 03 January 2006 12:39 am, Kamas Muhammad wrote:
> Saya pernah sekali nyoba, dan sifatnya bener-bener iseng pak. Simscan
> kan jalannya persis seperti qmail-scanner, bedanya cuma dia pake C dan
> dicompile sehingga bisa jalan lebih cepat dari qmail-scanner. Proses
> spam scanningnya dijalankan oleh spamc dan bukan oleh simscan. Simscan
> cuma lempar aja, sehingga konfig untuk scoring dll yang berkaitan dengan
> itu ada di konfigurasi spamassassin, bukan di simscan. Di tempat saya
> (paket bawaan debian) konfigurasinya ada di /etc/spamassassin/local.cf.
>
> Beda jauh dengan amavisd-new yang "memasukkan" spamassassin ke dalam
> [...]

Kalo saya ngga salah mengerti. Beda antara qmail-scanner dan simscan adalah,
qmail-scanner bertindak setelah spam diterima di dalam mail server, sedangkan
simscan bekerja di level SMTP? Jadi koneksi spam yang ketangkep akan di drop
jadinya spam ngga sempet masuk ke queue. Kecuali option quarantine di
hidupkan. Betul ngga gini?

Cuma yang masih kesulitan adalah mengatur di score berapa simscan akan mendrop
spam itu. Dari hasil nyari2, sepertinya disini: /etc/mailfilter: (itu yg
angka 5.1, tadinya 12, saya turunin aja deh....)

#--------------------------------------------------------
# Filter spam - scores >= SPAMLIMIT is not delivered
#
# If you DO NOT want to send mail that is over the spam limit
# to spamassassin autolearn, comment: 'cc "|sa-learn -spam"'
#--------------------------------------------------------

if ( /^X-Spam-Status: Yes, score=![0-9]+\.[0-9]+! /:h)
{
        if ( $MATCH2 >= 5.1 )
        {
                log "$TIMESTAMP - SPAM: [EMAIL PROTECTED] score $MATCH2:
Sending
message to autolearn"
                cc "|sa-learn --spam"
                EXITCODE=0
                exit
        }

Gimana pendapat rekan2?
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org